Monday 14 January 2013

Apa sebenarnya makna bulan Januari?

Mungkin sebagian besar masyarakat belum mengetahui sejarah dari kata 'Januari'. Januari adalah bulan pertama tahun dalam penanggalan kita. Kata itu diambil dari bahasa latin (Januarius Mensis) Janus, yaitu dewa pintu.


Dalam kepercayaan Romawi Kuno, dikenal seorang dewa berwajah dua. Satu menghadap ke depan dan satunya lagi menghadap ke belakang. Wajah yang menghadap ke depan selalu tersenyum, bahagia dan optimis, sedangkan wajah yang menghadap ke belakang selalu muram, sedih, dan pesimis. Dewa itu bernama Janus, yang berarti pintu, gerbang, atau gapura.

Bulan ini dikatakan memiliki 2 wajah. Wajah yang satu menghadap ke tahun sebelumnya dan yang satunya lagi menghadap ke tahun yang sedang berjalan. Tiap awal tahun biasanya memiliki tujuan baru dalam menghadapi tantangan sepanjang tahun dengan belajar dari pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya. Itulah mengapa kata 'Januari' diambil dari Dewa Janus yang berwajah dua.

Apakah anda sudah memiliki rencana baru di bulan ini? Sebaiknya cepat-cepat membuat rencana anda di tahun 2013 ini pada bulan ini juga, sebab jika terlambat akan sulit sampai pada tujuan rencana anda masing-masing. Good Luck!!

No comments:

Post a Comment